Tentang Saya

zulham ariansyahZulham Ariansyah adalah seorang peternak yang tinggal di sebuah kampung kecil bernama Cijulang, di desa Cadasngampar kecamatan Sukaraja Bogor.

Mengenyam pendidikan dasar di Pangkal Pinang Bangka kemudian berlanjut di Tanjung Pandan Belitung hingga SMP kelas 1, kemudian dilanjutkan ke Bandar Lampung dari SMP kelas 2 hingga berlanjut ke jenjang SMA di SMA Negeri 2 Tanjung Karang.  menempuh pendidikan sarjana di Universitas Lampung hingga lulus di tahun 1995.

Pada tahun 1997 ia diterima kerja di salah satu perusahaan Multi National Company, yaitu PT Pioneer Hibrida Indonesia, yang di kemudian hari berubah menjadi PT Dupont Indonesia.   Perusahaan ini fokus kepada produksi jagung hibrida dengan merk Pioneer, dari Pioneer 1 hingga Pioneer 21 (thn 2003).  Di tahun tersebut mengundurkan diri untuk kemudian fokus di usaha keluarga di Bogor.

Menjadi peternak ayam adalah sebuah takdir, karena di akhir tahun 2003, saya diminta untuk mengelola usaha keluarga di Bogor yaitu peternakan ayam dan ikan.  Sejak saat itu saya resmi menjadi peternak hingga sekarang.

Fish and Chicken farm adalah nama awal dari farm ini yang kemudian bermetamorfosis menjadi Sentulfresh Indonesia di tahun 2010.  Sentulfresh adalah peternakan terintegrasi  (integrated farming) yaitu peternakan, perikanan, dan pertanian menjadi satu unit usaha yang saling terkait satu sama lainnya.

Selain peternakan ayam, Sentulfresh juga memiliki usaha perikanan dengan mengelola kolam ikan Nila, bawal, Lele,  dan patin.  Selain itu ada juga peternakan sapi perah (Sentulfresh Dairy Farm), Pertanian (tanaman hias, tanaman buah, bibit tanaman, dll) serta usaha jasa Sentulfresh Edufarm Program atau lebih dikenal dengan Kampung Wisata Sekolah Sentulfresh.  Untuk mendukung program Sentulfresh Edufarm, maka dibuat satu unit usaha pengolahan susu yaitu usaha es yoghurt Sentulfresh.

Saya aktif di beberapa komunitas diantaranya komunitas pencinta burung berkicau http://www.kicaumania.or.id yang diawal pendiriannya bernama www.kicaumania.org sebagai salah satu Dewan Penasehat.  Kemudian di asosiasi bisnis ayam yaitu di PPUN (Perhimpunan Peternak Unggas Nusantara) dan GOPAN (Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional), serta  UKM Gemar Halal (komunitas UKM yang memiliki produk halal).  Selain itu saya juga ikut dalam Komunitas Tangan Di Atas atau lebih dikenal dengan Komunitas TDA Depok.  Selain itu aktif di Komunitas Frozenfood Indonesia, sebuah komunitas produsen makanan beku yang saling berbagi informasi dan teknologi antar-anggotanya.

Penulis bisa dihubungi di WA: 0857-1860-5604 dan BB: 55101BD1

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Saya

  1. selamat siang pak,

    Salam kenal, saya endro dari semarang. Saat ini saya dan istri mencoba untuk membuat frozen food. saya tertarik untuk ikut komunitas, bagaimana caranya?

    Endro
    WA : 082133107963

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s