Sentulfresh

sentulfreshSentulfresh Indonesia adalah integrated farming yang menggabungkan peternakan, perikanan, dan pertanian menjadi satu pengelolaannya di bawah management Sentulfresh Indonesia.

Didirikan oleh orang tua kami pada tahun 1998, Sentulfresh mempunyai nama awal Fish and Chicken Farm. Disini memang ada ikan (Fish) dan Ayam (Chicken) yang merupakan bisnis pertama yang ada di Sentulfresh.

Beberapa kolam running sebanyak 16 unit dibuat untuk penggemukan ikan mas.  Sayangnya, debit air yang kurang dan tidak stabil membuat kolam tersebut tidak bisa dimanfaatkan sebagai kolam running.

Beberapa kolam besar dibangun juga untuk pengembang biakan ikan nila, atau lazim disebut ikan mujair, oleh penduduk setempat.  Ada 5 kolam besar yang saat ini berada di Sentulfresh.

Setelah mengembangkan usaha ikan, Orang tua kami melihat peluang di usaha ayam.  Ide itu timbul setelah melihat tetangga di desa Cadasngampar ini membuat kandang ayam dan menjalankan usaha ayam broiler.

Demikianlah, beberapa kandang dibuat hingga kapasitas terpasang ada 20 ribu ayam broiler di peternakan Fish and Chicken farm ini.

Takdir yang membuat saya akhirnya hadir di sini  pada tahun 2003 akhir, untuk mengelola peternakan ikan dan ayam.  Setelah satu tahun menikah dan menetap di Lampung, akhirnya saya memutuskan untuk resign dari PT Dupont Indonesia, sebuah perusahan Multi-national Company yang bergerak di bidang Agribisnis (memproduksi jagung hibrida merk Pioneer).

Hingga tahun 2006 total kapasitas kandang yang ada di Fish and Chicken Farm sebanyak 54,000 ekor.  Hari berganti hari, tahun berganti tahun bisnis ayam memang menggiurkan.  Rupiah sudah cukup banyak dihasilkan dari usaha ayam ini hingga pada tahun 2010 orang tua memutuskan untuk menambah jenis usaha ke dairy farm.

Penambahan jenis usaha ini sebenarnya untuk mengantisipasi turunnya pendapatan dari bisnis ayam.  Ternyata usaha itu ada masanya naik dan ada masanya turun.

Efektif tahun 2011 saya diserahi tugas untuk mengelola peternakan sapi ini setelah sebelumnya selama 1 tahun penuh dikelola oleh orang lain.  Mulailah saya berfikir untuk membuat nama baru yang bisa me-representasi-kan usaha yang ada di sini.

Gak pake fikir lama, terlintas nama Sentul sebagai nama utama tempat ini dan kata Fresh sebagai pendamping kata sentul.  Mengapa fresh? . Karena jika anda berkunjung ke tempat kami, Insya Allah anda akan menemukan suasana yang fresh yang mungkin berbeda dari kebanyakan peternakan. Maka jadilah farm ini kami namakan Sentulfresh, dengan menggabungkan frase kata sentul dan fresh ke dalam satu kata baru : SENTULFRESH.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s