Belajar Jualan di Shopee

jualan di shopee

Bermula dari pembicaraan saya dengan owner Lala Catering, Pak Ilham, saya terinspirasi untuk mencoba peruntungan di Shopee.  Shopee saat ini boleh dikatakan sebagai Market Place (MP) yang paling banyak dicari dan digunakan oleh konsumen di Indonesia.  Selain ramai dan beragam isinya, shopee juga banyak membuat promo, salah satunya GRATIS ONGKIR

Mengapa harus Shopee dahulu?

Shopee saat ini paling ramai dikunjungi pembeli Indonesia. Menurut survei yang dilakukan media Online, Shopee saat ini menggeser posisi Tokopedia sebagai urutan pertama, disusul oleh Tokopedia dan Bukalapak.

Jelas yaa.  Bukan berarti platform MP Tokopedia dan Bukalapak ditinggalkan.  Untuk menguasai pasar, tentu saja toko kita harus ada di semua Market Place, termasuk juga di Lazada.

Ternyata gampang lho untuk membuat toko di shopee. Untuk mendaftar menjadi seller di Shopee bisa menggunakan HP atau smartphone mu.

Caranya simpel, gunakan saja akun pribadimu, kemudian klik saja JUAL,  Setelah itu kita akan di beri opsi untuk menambahkan gambar profil dan background toko.  Selanjutnya shopee juga meminta kita untuk mengisi nomor rekening dimana nanti nomor rekening itu akan digunakan oleh Shopee untuk men transfer uang hasil penjualan kita.

Bagaimana dengan produk?

Upload produk juga gampang kog.  Cara yang paling simpel adalah kita meng upload gambar yang sudah ada di toko lain, kemudian kamu upload.  Cara ini bisa saja digunakan, tapi tidak disarankan.  Karena sebaiknya kita edit foto yang sudah ada kemudian kita upload ulang ke toko kita.  Dengan demikian Shopee lebih cepat untuk approve produk kita.

Deskripsi Produk biasanya bisa copy paste.  Karena memang rata rata semua orang sudah tahu kata kunci suatu produk dan mereka yang membeli di Market Place itu digolongkan sebagai Smart Buyer.  Artinya mereka sudah terbiasa membeli dan belanja dengan menggunakan platform online.

Pengiriman Produk bagaimana?

Tinggal klik JASA KIRIM SAYA, kita akan diarahkan untuk mem-birukan atau di centang jasa kirim yang akan kita gunakan.  Umumnya jasa kirim menggunakan JNE, JNT, POS.  Tetapi jika di daerah kita banyak tersedia jasa kirim, maka silahkan tambahkan jasa kirim lainnya seperti Sicepat, Ninja,  Anteraja, Grab Sameday dll

Produk yang dijual selalu ditambahkan ya teman.  Jangan hanya satu produk.  Usahakan banyak produk yang di list di toko kita dan jika memang banyak, gunakan KATEGORI agar nantinya calon pembeli bisa dengan mudah mencari produk berdasarkan kategori.

Oh ya, Produk saya cuma ada 4 kak. Apakah bisa jualan?

Bisa kog.  Karena ada teman yang punya produk cuma 1, tapi dia memasang produk di tokonya menjadi 3 varian.  Misalnya Jual 1 botol madu dengan harga 145,000 rupiah.  Produk berikutnya Jual 2 botol madu seharga 260,000.  Produk ketiga Jual 3 Botol madu seharga 330,000.  Gampang kan..

Satu hal yang penting untuk toko baru.

Karena tokomu masih baru, maka untuk muncul di halaman 1 shopee atau aplikasi shopee di HP mu, harus menggunakan Iklan.  Fasilitas iklan ini tersedia bagi semua penjual atau seller dengan menambahkan atau TOP UP dahulu saldo iklan, kemudian nanti kita diperbolehkan ber iklan

Bagaimana sih caranya TOP UP saldo Shopee?

Cukup dengan aplikasi mu saja, gak usah pindah ke laptop.  Tinggal klik TOP UP maka kamu akan diberi pilihan Top Up  25 ribu, 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu hingga 50 Juta.  Wow… iklan 50 juta.

Saran saya sih, untuk pemula cukup tambahkan Top up 50 ribu saja.  Supaya tidak terasa berat dan jika salah klik, uang kamu gak habis begitu.  Sebelum beriklan saya wajibkan untuk nonton tutorial dahulu di youtube.  Wajib yaa ini. Jangan tidak.

Karena jika kamu belum terbiasa ber iklan maka boleh jadi 50 ribu tadi akan habis dalam beberapa jam saja alias boncos, hehehe.  Beneran ini terjadi dengan teman saya.

Saya ajarkan dia untuk ber iklan dengan Iklan Kata Kunci.  Iklan kata kunci juga ada 2 macam: Spesifik dan Luas.  hati hati yaa jika kamu beriklan, jangan salah pilih.

Jika kamu pilih beriklan dengan iklan kata kunci LUAS, maka budget iklan tadi akan cepat habis.

Contoh, kamu ber iklan Madu Pelangsing Merk A.  kamu targetkan iklan kata kunci Luas: MADU.  maka nanti jika calon pembeli ketik madu batuk, iklan mu akan muncul.  ketik madu hamil, iklan mu akan muncul lagi.  Jadi apa saja yang diketik dengan mengandung kata MADU, maka akan muncul.  Rugi yaa

Jadi iklan yang benar adalah Pilih KATA KUNCI SPESIFIK dengan : Madu Pelangsing.  atau MERK madu pelangsing mu, contoh Madu Tea Slim.  Dengan menyasar madu dengan nama merk otomatis akan mengirit budget dan itu disebut juga dengan Buying Keyword.

Orang yang mengetik buying keyword : MADU TEA SLIM, otomatis akan diarahkan ke toko kita.

Oh ya, jangan lupa pilih BID harga yaa.  Bagaimana cara nya nge bid kata kunci.  Gampang Kog.

Kamu tinggal lihat saja saran dari shopee di sebelah kanan kolom bid itu ada tulisan harga saran.  ketik saja sama dengan harga saran tersebut.

TIPS PENTING : Harga saran dari shopee berubah ubah yaa. kamu kudu sering liat laptop, supaya lebih luas saja pandangannya.  Lihat posisi iklan mu di peringkat berapa.  Yang ideal adalah peringkat 1 dan 2.  Jika posisi produk mu berada di peringkat 10 biasanya bid mu kekecilan.  coba naikkan bid dan nanti besok lihat posisi iklan mu di peringkat ke berapa.  Cara paling gampang adalah ikuti saran dari Shopee.  Udah itu aja.

Itu adalah sedikit pengalaman saya beriklan di shopee yaa teman teman.  Beriklan di shopee gampang kog.  Jika dibanding kan beriklan di Facebook Ads atau Google Ads, waah.. jauh deh.  Lebih simpel di shopee.

So… mulai sekarang cepetan buka toko di marketplace yaa.  Jika sudah ada toko di Shopee, maka lanjut buka toko lagi di Tokopedia, di Bukalapak dan Lazada.

Published by sentulfresh

Wisata Edukasi TK dan SD di Bogor. Rasakan pengalaman berinteraksi langsung dengan hewan (menunggang pedet, memerah susu sapi, observasi cacing), tanaman, dan praktek membuat Yoghurt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: