Taman Sentulfresh hadir di Jl Bina Marga Bogor

taman sentulfresh28 Juni 2016 adalah lahirnya Taman Sentulfresh yang berlokasi di jalan Bina Marga Bogor.  Kenapa disebut taman, bukan Florist? Itu adalah sebutan sementara untuk pengganti sentulfresh florist.  Florist nantinya berkonotasi menyediakan aneka bunga dan umumnya di jalan bina marga tersebut, florist menyediakan beraneka ragam karangan bunga, mulai dari karangan bunga untuk kematian, pernikahan, perayaan, ataupun sunatan.  Jadi untuk sementara saya sebut : Taman Sentulfresh.

Usaha tanaman ini sebenarnya sudah lama ingin saya lakukan mengingat Sentulfresh saat ini memiliki potensi untuk dikembangkan bisnis tanaman seperti penyedia bibit aneka tanaman hias, tanaman buah, tanaman obat-obatan, juga menjual pupuk organik.

Para motivator bisnis selalu bilang bahwa jangan menaruh seluruh telur mu di satu wadah, karena tatkala terjadi apa-apa dengan wadah tersebut maka seluruh telurmu akan pecah.  Ada pula motivator yang bilang bahwa usaha itu harus fokus.  Karena jika tidak fokus, usaha akan hancur.

Dua kalimat diatas sebenarnya memiliki arti yang bertolak belakang.  Di satu sisi di suruh diversifikasi usaha (menaruh telur di beberapa wadah/usaha), di sisi lain di suruh fokus, fokus, fokus.  Dalam kasus ini, sebenarnya usaha Sentulfresh masih fokus, yaitu fokus kepada integrated farming.  Jadi wadahnya tetap saja : Peternakan Terintegrasi atau bahasa terkini : integrated farming.

taman sentulfresh di farmPeternakan terintegrasi ini mensyaratkan zero waste management.  Segala sesuatu yang bersifat sampah pun harus bisa dimanfaatkan atau di daur ulang untuk kemudian dijadikan alat produksi untuk menghasilkan produk baru.  kemudian akan kembali lagi ke titik semula, persis seperti SIKLUS.

Berikut ini adalah alasan saya untuk membuka Taman Sentulfresh di jalan Bina Marga tersebut:

  1. Sentulfresh memiliki potensi sumber daya yang melimpah.  Jika anda pernah ke Sentulfresh, anda akan jumpai disana banyak kotoran sapi, kotoran cacing, kotoran ayam, yang belum dimanfaatkan secara optimal.  Kotoran hewan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik.  Pupuk ini digunakan untuk menambah unsur hara / memberi makan tanaman yang akan di tanami.  Selanjutnya tanaman dijual, menjadi uang, dibelikan lagi sarana produksi (bibit sapi atau ayam) yang dipelihara akan menghasilkan kotoran lagi.  Demikianlah siklus nya jika usaha ini berjalan normal.
  2. Lahan di Sentulfresh masih cukup untuk ribuan tanaman.  Sayang sekali jika lahan yang ada tidak dimanfaatkan secara optimal.  Saat ini lahan di Sentulfresh ditanami oleh tanaman rumput (gajah) yang digunakan sebagai pakan hijauan sapi.  Hijauan sapi memang berkurang, tetapi dengan adanya bisnis baru, maka kapital yang dihasilkan bisa membeli “hijauan” dengan kualitas yang lebih baik.  Saya lagi berfikir bagaimana mengoptimalkan silase dan bonggol pisang untuk pakan ternak.
  3. Membuka lapangan kerja baru.  Ini adalah cita-cita saya karena dengan membuka lapangan kerja baru, kehadiran saya sebagai makhluk individu bisa berubah menjadi makhluk sosial.  Tidak hanya mementingkan diri sendiri, juga memikirkan lingkungan sekitar.  Janganlah pernah meremehkan usaha kecil yang HANYA menyediakan tenaga kerja meskipun hanya 1 orang.

Ada perbedaan yang mendasar antara orang yang berusaha/dagang dengan orang yang KERJA di suatu perusahaan.  Boleh jadi dengan bekerja dia mendapatkan 20-50 juta per bulan karena dia bekerja di perusahaan asing, tetapi jika berusaha/dagang dengan karyawan 1 atau 2 orang, penghasilan bulanannya hanya 2-5 juta rupiah.

Perbedaannya adalah dengan membuka usaha/dagang berarti dia memberikan lapangan kerja untuk orang lain dan berPOTENSI untuk memberikan kehidupan, meskipun hanya kepada 1 keluarga atau 2 keluarga.  Artinya dia menjadi orang yang berguna untuk orang lain.  Apakah dengan BEKERJA saja kita tidak bisa menjadi orang yang berguna? Tentu saja tidak.  Kita tetap bisa menjadi orang yang berguna bagi orang lain.  Tapi itu OOT disini.  bahasannya bisa di lain waktu.

         4. Saya ini Sarjana Pertanian. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa banyak sarjana pertanian yang bekerja di luar bidangnya.  Boro-boro mau membuka usaha pertanian.  Bertani bukanlah profesi yang keren, menarik, dan bukan pula menjadi profersi idaman mertua.  Rasa-rasanya dengan membuat usaha di bidang pertanian, paling tidak saya bisa bilang saat ini saya SUDAH MULAI menjadi mengamalkan ilmu saya.  Pasti yang baca ini ingin mendebat pernyataan saya.  Silahkan diskusi di WA 0877-8470-6212 untuk sharing pendapat anda.

Itulah empat alasan utama bagi saya untuk memulai usaha tanaman dengan membuka Taman Sentulfresh.

Save

Save

Save

Save

Save

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s