Makanan sehat sebagai menu untuk berbuka puasa

Makanan sehat sebagai menu untuk berbuka puasaMakanan sehat sebagai menu untuk berbuka puasa – Bulan puasa atau bulan Ramadhan ini disambut dengan sukacita bagi umat Muslim di seluruh dunia.  Berpuasa berarti menahan makan dan minum mulai dari fajar hingga magrib tiba.  Tentunya berpuasa akan menimbulkan efek lemas, lesu dan kurang bersemangat jika tidak memiliki pengetahuan tentang makanan sehat sebagai menu untuk berbuka puasa.

Bagi seseorang yang tidak memiliki kegiatan, mungkin mereka dapat bermalas-malasan atau bisa tidur di rumah agar tidak terasa berat. Lantas bagaimana jika seseorang tersebut memiliki segudang aktifitas yang dapat menguras tenaga setiap harinya?

Berikut tips bugar dan sehat yang perlu diperhatikan bagi anda yang berpuasa.

  1. Hindari makan berlebihan saat berpuasa.  Makanan yang kita makan pada sahur hendaknya memenuhi kaidah 4 sehat lima sempurna.  Makanlah secukupnya karena jika makan berlebihan akan menyebabkan perut terasa penuh dan begah.  Hal ini akan menyebabkan kantuk dan akibatnya pada pagi hari tubuh akan lemas.
  2. Mengkonsumsi protein dan makanan berserat.  Protein murah bisa ditemukan di menu makanan tempe, tahu, daging ayam, daging ikan.  Sedangkan makanan berserat adalah sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.  Serat berguna untuk melancarkan pencernaan Anda setiap harinya. Sehingga tidak ada sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan.
  3. Hindari minum kopi dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi.  Kopi yang memiliki kandungan cafein yang tinggi akan merangsang asam lambung, terutama menjelang jam 09.00 atau jam 10.00 pagi.  Untuk itu dianjurkan kepada anda untuk meminum air putih yang cukup.  Air putih akan melindungi tubuh dari kemungkinan dehidrasi.  Jika tubuh kekurangan cairan, maka badan anda akan lemas dan akan menghambat aktivitas anda dalam bekerja.

BACA ARTIKEL MENARIK : Manfaat Sahur bagi Kesehatan orang yang Puasa

Berikut adalah salah satu alternatif menu untuk berbuka puasa menggunakan telur sebagai penyumbang protein hewani. (sumber: cookpad.com)

Semur daging dengan telur

Bahan-bahan

1/4 kg daging sapi has dalam iris tipis
4 butir telur rebus kupas(rendam air es supaya gampang dikupas)
2 gelas santan
bumbu:
3 siung bawang putih
5 bawang merah
2 kemiri
sedikit lada butiran
gula merah, garam,kecap manis

Langkah Pembuatan:

1.  Haluskan bawang merah, putih,kemiri,lada,garam sisihkan
2.  Tumis bumbu dengan 1 sendok minyak sampai harum
3.  Masukkan daging sapi aduk2 sampai kaku, tuangi kecap manis kecilkan api supaya tidak gosong
4. Tuang santan sedikit2 sampai terendam. kecilkan api. tambahkan gula merah, tutup wajan tunggu sampai daging agak empuk
5. Tambahkan telur rebus. tuang sisa santan dan biarkan meresap sampai daging empuk dan kuah mengental. tes rasa sesuai selera sajikan dengan nasi hangat selamat mencoba

BACA ARTIKEL MENARIK :Hikmah Puasa, Berkaca dari Puasa para Binatang

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s