Apa itu Komunitas Jual Beli Berkah secara online?

2 hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 22 November 2019, saya ber inisiatif membentuk komunitas Jual Beli secara online.  Kalau dibuat istilah kerennya, JBB Community alias Komunitas Jual Beli Berkah yang nanti nya lebih banyak bertransaksi di Whatsapp Grup atau WAG.

Pendirian komunitas ini terus terang terinspirasi dari komunitas BBO, Kuttab Al Fatih.  Kebetulan istri saya ikut sebagai anggota pasif (pembeli) di komunitas jual beli yang dibentuk oleh orang tua yang menyekolahkan anaknya di Kuttab Al Fatih.

Sewaktu pengajian dr Zaidul Akbar di masjid raya Bogor, Minggu 17 november 2019 yang lalu, salah satu pengurus/admin BBO dalam satu kesempatan bilang bahwa selama 3 tahun, wakaf pendidikan yang dihasilkan dari BBO berhasil dikumpulkan 100 juta.

Bagaimana mekanismenya sehingga wakaf tersebut bisa terkumpul banyak?. Ternyata para member di WAG tersebut saling melakukan transaksi jual beli dan hasil dari transaksi tersebut sebagian kecil di wakafkan secara SUKARELA oleh penjual yang barangnya laku atau terjual. Sesederhana itu.

Itu yang saya dapat sarikan dari pembicaraan saya dengan istri, yang tergabung di grup WAG BBO. Lebih detailnya tentu saja harus ngobrol langsung dengan admin grup BBO.

Dari situ saya mengambil kesimpulan bahwa model bisnis seperti ini bisa di duplikasi.

Oh ya, untuk diketahui, bahwa saya memiliki Mesin Kecerdasan Stiffin Sensing entrovert atau disingkat Se, dikenal memang mahir melakukan ATM. Apa itu? Amati, Tiru, Modifikasi.

Gak pakai lama, saya langsung saja action dan sounding di wall pribadi Facebook dengan mengajak teman di friendlist saya untuk join ke grup ini.

Banyak yang bertanya-tanya, apa sih grup ini, sehingga saking hebohnya, belum 2 hari sudah bergabung 77 perserta secara SUKARELA.  Perlu saya garis bawahi bahwa ini secara sukarela, karena saya hanya memberikan LINK atau tautan yang jika di klik akan terhubung menjadi member grup Komunitas JBB.

Awalnya saya namakan grup WAG ini sebagai KBO Berkah Bogor (Komunitas Bisnis Online Berkah Bogor). Sewaktu saya posting di facebook, banyak yang protes, “ pak, kenapa anggotanya lebih diutamakan orang Bogor. Kan kami juga mau ikutan, Boleh kan….?”.

Dan yang nulis seperti itu ternyata lumayan banyak. Bahkan, teman saya di Belitung, salah satu distributor es yoghurt sentulfresh, ternyata ikutan juga.

Ya sudah…. Karena memang saya berteman dengan banyak orang di facebook yang berasal dari berbagai daerah, maka saya ubah grup ini dengan cakupan yang lebih luas sehingga saya ubah namanya menjadi JBB Community atau Komunitas JBB (Jual Beli Berkah).

Sebagaimana halnya dengan Komunitas Frozenfood Indonesia, saya selalu memulai membuat bisnis atau usaha, akan selalu membuat website nya. Jadi .. website resmi komunitas ini adalah www.jualbeliberkah.com.

Sebagai tambahan informasi, saya saat ini masih tercatat sebagai founder Paguyuban Kicaumania, sebagai wadah pencinta burung berkicau Indonesia, juga sebagai lurah komunitas frozenfood Indonesia.  Jabatan yang terus terang ingin saya gilirkan ke teman teman lain sebagai ketua komunitas, tapi sampai detik ini mereka masih saja keukeh sumekeh ingin saya saja sebagai ketua komunitas.

Frozeners, itu sebutan member Komunitas Frozenfood Indonesia, ini membernya buka sembarang member.  Kenapa demikian?. Karena member frozeners ini banyak yang menjadi ketua komunitas di tempatnya masing masing, banyak yang sudah melanglang buana keluar negeri, produk nya sudah listing di gerai hypermarket besar Indonesia, banyak yang sudah menjadi pembicara, jago internet marketing dll.  Beruntung saya masuk di sini, karena saya bisa belajar banyak sebagai seorang frozeners.

.

Back to JBB Community.

Tujuan pendirian JBB Community:

  1. Sebagai wadah jual beli online antar anggota yang terdiri dari produsen dan konsumen. Produsen akan digolongkan sebagai produsen FOOD (makanan) dan NON FOOD (property, jual mobil, jual seprei, jual buku dll).
  2. Sarana silaturahim dan ukhuwah bagi para member dimana nanti akan ada Pengajian Rutin yang membahas tentang muamalah dalam islam. Juga nantinya akan ada pelatihan atau training GRATIS bagi para-member
  3. Karena ada kata BERKAH, maka ada WAKAF Pendidikan yang nantinya akan diperuntukan sebagai Beasiswa Full bagi santri penghafal Al Qur’an yang belajar di Pondok Pesantren Tahfidz Akbar Bogor dan men-support dana untuk Sekolah Gratis di SMP Islam Baitush sholih di kab Indramayu.

Syarat Keanggotaan:

  1. Keanggotaan bersifat Sukarela. Masuk sebagai anggota tidak dipaksa
  2. Boleh dari berbagai macam kalangan, baik itu produsen maupun konsumen.
  3. Mengisi formulir keanggotaan secara online di google form
  4. Wajib mengikuti peraturan atau rules WAG yang ditetapkan oleh admin grup.
  5. Membayar infaq iuran komunitas sebesar Rp. 5,000 per bulan.
  6. Membayar iuran sebagai penjual sebesar Rp. 5,000 per bulan. Jika bertindak sebagai keduanya, maka dikenakan infaq Rp.10,000 per bulan.

Saya kira itu saja yang bisa saya sampaikan terkait dengan pendirian Komunitas Jual Beli Berkah.

Untuk menjadi anggota silahkan KLIK tautan ini : https://chat.whatsapp.com/JiZ5dSrUeVi4rhITPtEfpO

 

Salam Semangat
Sentulfresh, 24 November 2019

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s