Mari Membaca Buku – Ippho Santosa

mari membaca buku ippho santosaBerdasarkan studi Most Littered Nation In the World 2016 minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Ini sebuah data dan fakta yang sangat memprihatinkan

Demikian pula minat baca anak-anak. Data dari UNESCO menunjukkan, persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca.

Membaca buku sama sekali berbeda dengan menyimak social media. Ya, sama sekali berbeda. Di buku terdapat kematangan dan kedalaman tulisan. Di social media, biasanya ini hampir-hampir tidak ada. Right?

Rupanya rutin membaca dapat mencegah penyakit alzheimer dan demensia. Selain itu, dapat menurunkan tingkat stress hingga 67%. Menariknya, di samping menambah kosakata dan wawasan, rutin membaca dapat membantu kita terhubung dengan dunia luar.

Membaca buku adalah bagian dari menuntut ilmu. Ingat, kalau sedekah saja berbalas, maka menuntut ilmu lebih berbalas. Menuntut ilmu, hukumnya wajib tho? Maka sempatkan membaca 1-2 buku dalam sebulan.

Sekian dari saya, Ippho Santosa. Silakan praktek. Semoga berkah berlimpah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s