Share dari Facebook : Belajar Perkalian Sederhana

Memberikan pelajaran matematika kepada anak-anak usia dini ternyata gampang-gampang susah.  Gampang karena anak usia dini itu adalah usia golden age, dimana segala bentuk informasi akan mudah dicerna oleh otak mereka dan cepat menempel.  Giliran susahnya adalah harus ada trik khusus untuk mengajarkan kepada mereka agar mereka suka akan pelajaran tersebut.

Pada gambar-gambar berikut akan saya share beberapa tips dan trik bagaimana anak suka pelajaran matematika, khususnya perkalian, diambil dari wall math master.  semoga bermanfaat.

belajar matematika-1Komentar di wall tesebut saya rangkum sebagai berikut (Nia Indah Sari):

Sedari anak usia 2th seperti mama annemarry dia selalu menyanyikan untuk sang buah hati…dan hal itu saya latih ke anak saya dan Allhamdulillah baru 2 minggu dengan lagu perkalian 2×1 s.d 2×5 dia sudah hafal.  Perkalian 1 hanya dia dengar 3 kali, tanpa memaksa dilakukan dengan gembira dengan niat membantu mereka di usia yang belum kenal penolakan dari diri mereka utk kita.  Hal ini diungkap agar para orangtua siap membntu anak menciptakan generasi yg cerdas tanpa mereka terpaksa untuk menghafal.  Nanti di sekolah guru matematika akan menjelaskan mengapa hasilnya seperti itu dan apa gunanya untuk hafal perkalian.sukses utk guru.

Untuk perkalian 5 pakai jari saja.  Bila ganjil buka jari 5 bila genap jari 5 digenggam dan jari tangan 1 nya menutup 1/2 dari angka yang dikalikan.  Bisa ajarkan anak dengan buka jari 1 untuk 2 buka jari 2 untuk 4 dan berikutnya maka akan jadi mudah.  Hal ini telah diuji.  Adapun dengan tehnik pandang jam, buatlah anak anda mudah dalam menghafal, kemudian sang guru matematika bertugas utk menjelaskan mengapa ada perkalian pada penjumlahan berulang dan siswa hanya dibantu selama materi itu tertera karena guru ada tuntutan silabus.

Tehnik mudah perkalian 2 sang anak cukup hafal 2×1 s.d 2×5…karena perkalian 2 hasil akhir 20. maka 2×6 s.d 2×9 maka hasilnya kurang dari 20.  Berarti belasan. 6 adalah 5 dan 1. 1 x2 adalah 2..maka 6 x2 adalah 12…itu hanya tehnik mudah dan cepat, digunakan untuk anak yg susah menghafal.

Berikut gambar tabel perkalian.  Silahkan klik untuk di perbesar.

belajar-matematika-2

belajar-matematika-3

belajar-matematika-4

belajar-matematika-5

belajar-matematika-6

belajar-matematika-7

belajar-matematika-8

belajar-matematika-9

Save

Save

Save

Save

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s