Sudahkan Anda Bersahabat Dengan Google

bersahabat dengan googleKali ini saya ingin menuliskan sedikit pemahaman saya mengenai bagaimana bekerjanya mekanisme pencaharian oleh google terhadap posisi artikel atau postingan yang berada di halaman satu google, atau lebih keren dengan istilah PAGE One atau pejwan.  Judul kali ini adalah bersahabat dengan google.

Bermula dari kedatangan tamu ke lokasi Sentulfresh Farm, 2 orang Technical Representative dari perusahaan pest control TERMINIX.  Sebenarnya kami janji ketemuan di farm pada pagi hari, sekitar pukul 09.00.  Pertemuan tersebut molor hingga selesai shalat Jumat, tepatnya pada pukul 13.30 WIB.

Karena yang datang adalah salesman pest control, maka pembicaraan tidak jauh dari bagaimana mekanisme pengendalian hama, bagaimana cara kerja umpan /bait, bagaimana tips agar tikus mau memakan umpan yang kita beri dan seterusnya.

Karena pada saat itu saya sedang kutak katik artikel di web dan juga sedang mencoba google plus, maka secara iseng saya ngobrol sama mereka soal website, bagaimana postingan yang menggunakan platform CMS wordpress di index secara cepat oleh google dengan menampilkannya di google plus, dan juga bagaimana cara mendapatkan follower di google+.

Aslinya saya ini peternak ayam broiler dan peternak sapi perah yang kepepet belajar optimasi website dan belajar membuat website.  Jadi saya bukanlah mastah atau pakar internet yang lihai dalam mengoptimasi suatu artikel.  tetapi jika dibandingkan peternak lain, kelihatannya ilmu soal website saya agak advanced ketimbang peternak lain.  Boleh dong sekali-sekali bangga dengan kemampuan sendiri.

Nah.. saya simulasikan teknik tersebut dengan menggunakan gadget android.  Android saat ini sudah menguasai pasar smartphone dan sudah mendominasi hampir di semua merk gadget smartphone.  Android sudah bukan lagi kata yang asing terdengar di telinga pecinta gadget.  Google playstore juga sudah sedemikian akrabnya, hingga siswa SD pun sudah tahu bagaimana men-download games di Android.

Bersahabat dengan google dapat saya sarikan sebagai berikut:

  1. Android membutuhkan akun gmail.  Akun Gmail ini akan digunakan untuk login dan men-download aplikasi-aplikasi penting, juga games yang ada di google playstore.  Gmail itu kepunyaan nya google, so.. Kita harus bersahabat dengan google dalam artian kudu memiliki alamat email dengan akhiran dot gmail dot com.
  2. Secara default, google sudah menyematkan kolom search di setiap gadget android dan langsung terkoneksikan ke chrome.  Jadi users tinggal ketik kata kunci yang akan dicari, kemudian google memberikan jawaban atas kata kunci yang diketik.  Jika anda belum punya akun gmail, maka proses download di playstore akan gagal. Artinya anda harus jadi hopeng -nya google kan..
  3. Maps, atau google map.  Saat ini google maps sudah terintegrasikan dengan waze.com.  Anda tahu kan waze?.  Aplikasi waze ini menuntun users untuk melihat peta perjalanan sebelum, selama dan setelah perjalanan.  Anda bisa dengan mudah tahu traffic jalan yang akan dilalui apakah macet atau tidak dengan aplikasi ini.  Dengan Google Maps, para pebisnis memiliki kepentingan, karena lokasi bisnis bisa ditandai dengan mendaftarkan bisnis kita ke google dengan aplikasi google my business.  Nah.. lagi lagi keluar google.  Artinya anda memang harus bersahabat dengan google.
  4. Tadi sudah saya sebutkan google my business.  Perangkat android anda bisa di install google my business dengan mudah dan anda akan tahu sudah berapa banyak yang me-review bisnis anda yang sudah anda list di google.  Bagaimana mekanisme google my business dan bagaimana mendapatkan review bintang 5 dapat anda baca di tulisan saya terdahulu di Cara Jitu mendapatkan Review 5 Bintang di Google Bisnisku.
  5. Berikutnya adalah kita harus punya akun di google plus.  Kenapa? karena dengan memilki akun di google plus dan mempunyai page di situ maka akan memungkinkan bisnis kita ter list di halaman satu atau pejwan,  Bagaimana mungkin? cara nya sebenarnya simpel saja.  Google tentunya tidak mau tersaingi oleh facebook yang sangat populer di di Indonesia.  saya berani jamin, tidak semua orang Indonesia punya akun google plus, tetapi mereka punya 1 bahkan lebih akun di facebook. Untuk itu, akun usaha di google plus bisa berfungsi layaknya fanpage di facebook.
  6. Penggunaan hastag di google plus.  Ternyata dengan penggunaan hastag atau tagar atau tanda #, google dapat menandai hastag tersebut dan dengan membuat hastag tertentu, kemudian kita posting di akun google plus, maka kata kunci yang sudah kita tagar akan muncul di pencaharian halaman satu google alias pejwan.   Saya ambilkan contoh soal.  Saya membuat artikel soal menu buka puasa.  Saya buat artikel dengan 400 kata dan mengandung keyword MENU BUKA PUASA dan diulang ulang sebanyak 3-4 kali di artikel tersebut.  Setelah di posting, saya ke wall google plus dan meng-attached link artikel tersebut dan mengetikkan hastag dengan kata kunci/keyword MENU BUKA PUASA.  Apa yang terjadi? postingan anda akan langsung muncul di halaman satu pencaharian.
  7. Akun Gmail juga bisa di integrasikan ke facebook, instagram, path, tumblr, twitter, ficklr, slideshare dan masih banyak lagi media sosial yang bisa di optimalkan agar artikel atau postingan anda bisa muncul di pejwan, hanya gara-gara anda bersahabat dengan google.

Dari kenyataan diatas, terlihat bahwa google mempunyai peranan yang sangat penting di era digital saat ini.  Jika anda pebisnis dan mengesampingkan persahabatan dengan google, saya bisa katakan bahwa lambat laun anda dan bisnis anda akan tergusur dari pencaharian di android yang berbasiskan google.

Sebanyak 90% pencaharian di google ternyata berasal dari smartphone, dan hanya 10% berasal dari pencaharian di desktop.  Data ini adalah data riil dari google adwords saya untuk mempromosikan wisata edukasi TK dan SD, Sentulfresh Edufarm Program.

Jadi apakah anda mau bersahabat dengan google dengan lebih akrab?  Jawabannya ada pada diri anda sendiri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s