Tutorial Lengkap Pembuatan Yoghurt ala Sentulfresh

Yoghurt atau yogurt adalah minuman fermentasi yang berbahan baku susu yang dimasukkan bakteri baik Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.  Minuman ini sudah banyak beredar di masyarakat dan memiliki pelanggan setia.  Artikel ini akan mengupas tuntas tutorial lengkap pembuatan yoghurt ala Sentulfresh.

Kunci dari pembuatan yoghurt adalah bahan baku utama yaitu susu murni.  Susu murni dari yoghurt sentulfresh berasal dari peternakan sendiri yaitu peternakan terpadu Sentulfresh Indonesia.  Kualitas susu yang baik akan menghasilkan yoghurt dengan kualitas yang baik pula.

Selain itu kualitas Biang atau starter juga mempengaruhi hasil yoghurt.  Starter yang baik biasanya bertekstur kental, rasanya asam, memiliki aroma yang khas. Starter ini merupakan gabungan kedua bakteri baik diatas.  Jumlah takaran starter harus seimbang dengan jumlah susu yang akan di fermentasikan.  Penjelasan lebih detail akan dipaparkan setelah ini.

Panduan lengkap pembuatan yoghurt ala sentulfresh adalah sebagai berikut:

  1. Susu murni dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan panci stainless steel.  Atur api kompor tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.  Jika kita masak susu sebanyak 30 liter maka perkiraan matangnya adalah selama 1 jam.  Amati permukaan susu.  Jika lemak susu atau lazim disebut kepala susu sudah naik ke atas, maka kompor bisa dimatikan.  Perlakuan untuk susu sebaiknya menggunakan mesin pasteurisasi.  Jika tidak punya, maka alternatif menggunakan kompor juga bisa.
  2. Siapkan wadah dari kotak plastik yang trasnparant.  Wadah kotak plastik ini tidak perlu yang mahal seperti tupperware. Kita cukup menyediakan kotak plastik segiempat yang harganya 25-35 ribu rupiah saja.  jika tidak ada dapat menggunakan wadah kerupuk yang bulat.  Lakukan sterilisasi sederhana terhadap wadah plastik tersebut.  Hal ini untuk mengurangi jumlah mikroba yang ada di plastik.
  3. Siapkan biang yang sudah jadi.  Biang adalah starter yang berisi mikroba baik Lactobacillus sp dan Streptococcus sp. 
  4. Komposisi biang terhadap susu adalah 2 sendok makan biang atau starter untuk 1 liter susu matang.  Komposisi ini sebaiknya diindahkan karena jika terlalu banyak maka akan terjadi over fermentation begitu juga sebaliknya.
  5. Pegang panci susu dan rasakan panasnya.  jika sudah bisa dipegang oleh tangan atau pada suhu 40-50 derajat celcius maka masukkan biang yang sudah ditakar.  Untuk lebih jelasnya, lebih baik menggunakan termometer.
  6. Setelah starter dicampur dengan susu, maka masukkan susu + starter tersebut ke dalam wadah kotak plastik dan diamkan beberapa saat jangan ditutup.  Jika sudah agak dingin tutup wadah kotak plastik tersebut.
  7. Jangan lupa, sisakan ruang udara setinggi kira-kira 1 -2 cm dari permukaan tutup wadah plastik.  Hal ini untuk membuat proses fermentasi berlangsung sempurna.
  8. Tempatkan wadah yang berisi susu yang tercampur biang tsb di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak anak.
  9. Diamkan selama 8-12 jam.  Semakin lama proses fermentasi maka akan semakin asam yoghurt.
  10. Jika sudah jadi yoghurt, masukkan wadah kotak plastik tadi ke dalam chiller agar proses fermentasinya lambat.

Cara pembuatan yoghurt ala Sentulfresh ini sangat simpel.  Anda tidak perlu membeli alat fermentor yang harganya bisa 1-2 juta.  Itupun hanya memiliki kapasitas simpan 1 liter.  Selain itu juga jika kita ingin mengolah susu dengan mesin pasteurisasi maka harga mesin pasteurisasi dengan kapasitas 8 liter itu seharga 10 juta rupiah.  Mahal bukan…? coba bandingkan dengan biaya pembelian wadah kotak plastik tersebut.

Demikianlah panduan lengkap pembuatan yoghurt ala sentulfresh.  Proses pembuatan yoghurt ini mudah dan murah.  Mengapa mudah dan murah? karena memang prosesnya tidak lama dan tidak memakan biaya mahal.

Selamat mencoba.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s