Asyiknya Naik KRL dari Jakarta ke Bogor pada siang hari

PT Kereta Api Indonesia saat ini selalu berhias diri baik di dalam kereta sendiri maupun di lingkungan di sekitar Stasiun.  Banyak Yang berbeda yang saya tangkap sewaktu saya kemarin menumpang kereta api KRL dari stasiun Manggarai hingga stasiun Bogor.

Judul diatas mungkin agak berlebihan.  Kog bisa KRL nyaman? Nyamannya seperti apa?.  Kan kereta api identik dengan pedagang asongan, kotoran disana sini, kaca gerbong yang sudah pecah, petunjuk arah yang yang jelas, dan masih banyak keluhan lain yang dialamatkan ke PT KAI.

Jika anda menumpang KRL dari arah jakarta menuju Bogor pada siang hari, katakanlah jam 13.00 lewat, maka kesan buruk seperti di atas tidak ada sama sekali.  Coba kita lihat foto di bawah ini.

suasana KRL yang bersih

Gambar di atas adalah potret suasana KRL di siang hari.  Penulis menumpang KRL pada pukul 13.00 dari arah Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bogor.

Lantai yang BAru di pel

Lantai yang baru di pel oleh 2 orang cleaning service PT KAI.  Satu orang yang menyemprotkan air karbol ke lantai, sementara temannya mengepel lantai.  Mereka melakukan ini dengan sigap dan tidak lupa menyapa penumpang dengan meminta maaf karena menggangu kenyamanan.  Good JOB PT KAI.

Cleaning Service PT KAI

Maaf mbak… saya foto yaaa, secara candid camera.  Saya ingin menunjukkan foto saya ini bukan HOAX.  Ada 2 orang kan yang bekerja efisien mengerjakan pembersihan lantai gerbong kereta. Dan perhatikan, bahwa pada jam tersebut kursi penumpang banyak yang kosong.

suasana KRL yang bersih

Suasana di dalam kereta api yang nyaman.  Tanpa gangguan pedagang asongan dan orang yang berdiri.  Suasana ini berbeda 360 derajat dengan suasana di pagi hari.

Suasana KRL di pagi hari dari stasiun Bogor menuju Stasiun Jakarta Kota penuh sesak dan ini tipikal wajah perkereta apian Indonesia.  Seorang businessman pasti akan mengangkap peluang usaha melihat situasi di pagi hari.  bayangkan… ribuan orang yang bergantung kepada moda transportasi Kereta Api yang murah dan cepat adalah peluang bisnis yang nyata.

Sebaiknya memang pemerintah sudah mulai menata kembali sektor ini karena memang jakarta bisa lumpuh jika semua kendaraan para pekerjanya, kaum urban yang bertempat tinggal di Bogor, Bekasi, Depok, dan wilayah peyangga Jakarta tumpelk blek selama senin hingga sabtu memenuhi kota.  Banyak peluang bisnis di stasiun yang masih bisa di garap.

Tidak hanya itu, di dalam gerbong pun bisa dijual space kecil untuk iklan yang bisa bergantian dipasang, baik itu iklan digital (yang seperti iklan berjalan, bisa menggunakan televisi ataupun tulisan berjalan), ataupun iklan tetap yang tidak menggangu estetika di dalam gerbong.

Pintu KRLDi depan pintu KRL selalu disediakan rute bagi newbie yang jarang ke jakarta atau sebaliknya.  Juga ada peringatan bagi orang yang membawa anjing, senjata tajam, dan beberapa barang personal yang memakan space.  juga tidak diperkenankan duduk di lantai.  Secara berkala ada satpam yang berkeliling memutar seluruh gerbong untuk mengecek suasana yang tidak memenuhi kaidah SOP di kereta api.

Well…. tunggu apalagi.  Jika anda belum pernah merasakan suasana nyaman mengendarai kereta api, cobalah sekali-sekali menumpang dari jakarta menuju tempat anda.  SIANG HARI yaa… karena pada siang hari suasana di dalam gerbong akan sangat lengang.  Jika PAGI HARI, maka saya akan bilang : don’t try this at train, hehehehe…

Sampai jumpa di reportase berikutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s