Menulis itu (Sangat) Mudah

menulis itu mudahHambatan utama bagi pemula dalam menulis adalah mereka selalu mengatakan bahwa sulit untuk menulis. Slogan Menulis itu mudah adalah #MITOS.

Ya.. mitos yang sangat menyesatkan, sehingga banyak yang tidak percaya dan akhirnya memang tidak mau melakukan. Problem utama bagi penulis pemula adalah ketakutan yang berasal dari dalam dirinya bahwa dia meyakini tidak memiliki #BAKAT menulis.

Saya pernah membaca bahwa kerja keras itu 99% dari pencapaian sedangkan sisanya 1% adalah bakat. Jadi nilai 1% itu bisa diabaikan.

Sebenarnya pendapat diatas tidak sepenuhnya benar semuanya. Bahwa seorang ulama akan melahirkan anak seorang ulama besar. Seorang dokter akan memiliki anak yang berprofesi dokter pula. Apakah ini bakat? Atau ada hal lain?

Baiklah.. silang pendapat diatas kita serahkan saja kepada mereka yang berprofesi sebagai psikolog atau ahli genetika yang memiliki kompetensi meneliti yang lebih mumpuni ketimbang kita. Dalam tulisan ini saya hanya ingin mengurai yang sederhana saja, yang ringan-ringan dan mudah dicerna.

Sewaktu saya kuliah di Fakultas Pertanian, 27 tahun yang lalu, saya sudah memulai upaya menulis di koran atau majalah. Karena waktu itu di Lampung ada harian Lampung Post (Lampost) yang paling besar tirasnya, maka saya beranikan diri menulis ke #Lampost.

Ide tulisannya bertemakan seputar teknologi pangan. Kebetulan waktu itu saya mengambil jurusan #Teknologi_Hasil_Pertanian sehingga tulisan tersebut tidak terlalu jauh dengan disiplin ilmu yang sedang saya geluti.

Ada 3 tulisan ringan yang saya coba kirimkan ke redaksi Lampost dan tahu kan hasilnya seperti apa? Tulisan saya ditolak dan tidak layak muat. Aduh…. lemes deh. Cita-cita mau jadi penulis pupus hilang lenyap ditiup angin.

Jelas kan bahwa judul diatas: Menulis itu (sangat) mudah sudah terpatahkan. Bagi penulis pemula menulis itu sulit sekali. Waktu itu saya tidak habis mengapa kog tulisan saya tidak berhasil dimuat?. Tidak ada penjelasan dari redaksi bahwa tulisan saya harusnya diperbaiki di bagian ini, dan bagian yang lain harus dihapus, dsb.

Jaman Sudah Berubah

Di era teknologi digital ini, dimana orang dengan gampangnya mem-publish tulisannya ke dalam blog atau #facebook atau #twitter atau media sosial lainnya, ternyata menulis itu (sangat) mudah.

Bagaimana caranya menulis itu (sangat) mudah? Caranya adalah selalu rajin menulis setiap hari. Selalu menulis #update_status setiap hari. Selalu berkicau di twitter setiap hari dengan hastag-hastag yang banyak beredar. So… menulis itu mudah bukan….?

Mitos itu alhamdulillah saat ini sudah saya patahkan sehingga saat ini saya meyakini bahwa menulis itu (sangat) mudah. Saya sekarang rajin menulis di blog pribadi ini.  Kan tidak ada lagi redaktur yang dengan tangan besinya menolak untuk menerbitkan tulisan saya. Wong ini blog pribadi saya sendiri.  Suka-suka saya lah…

Dengan gampangnya saya buat new post, kemudian saya isi judul dan isi content dengan minimal 300 kata dan gambar 2 buah. Dan dengan sedikit polesan ilmu SEO yang saya pelajari otodidak dari blog-blog para mastah #internet dan buku-buku, alhamdulillah tulisan saya sudah mulai dibaca dan dicari google.

Kata kuncinya adalah : dicari orang melalui google. Keyword yang saya gunakan beberapa kali manjur sehingga beberapa tulisan saya berhasil nangkring di pejwan google. Kereen booo…

Saya girang setengah mati tatkala salah satu artikel saya dalam sehari bisa di klik sebanyak 50 kali page view. Suatu pencapaian yang luarbiasa bagi seorang #newbie di dunia persilatan digital.

Penutup

Sebagai pemula, tidak ada salahnya anda ikuti pola yang saya jalankan. Buat blog atau website. Beli domain yang TLD alias Top Level Domain. Tahu kan…? domain yang berakhiran dengan dot com atau dot net, seperti itu.

Dengan domain TLD tadi, blog kita berasa keren bingits dan berasa menjadi blogger beneran.

So… tetaplah menulis wahai saudaraku sesama newbie. Tetaplah pegang tuts komputer anda, buat new post, isi konten dan published as soon as possible. Share di google+, facebook, twitter, pinterest, instagram dan media sosial lainnya.

Setelah itu anda akan meyakini bahwa Menulis itu (sangat) Mudah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s