Praktek Umum Mahasiswa THP Unila di Sentulfresh Indonesia

Praktek Umum Mahasiswa THP Unila

Praktek Umum Mahasiswa THP Unila 1Zulhamariansyah.com. Satu hari saya mendapatlan sambungan telpon dari teman sewaktu kuliah di Universitas Lampung, yang mengabarkan bahwa dia ingin mengirimkan mahasiwa THP Unila untuk praktek Umum Mahasiswa THP Unila.Tentu saja kabar tersebut membuat saya kaget. Soalnya memang saya merasa bahwa farm ini, Sentulfresh, belum lah layak untuk dijadikan tempat praktek umum. Selain memang cakupan usahanya belum terlalu luas, produknya juga belum banyak, manajemen nya masih “kampungan”, dan tidak termasuk usaha TOP.

Praktek Umum Mahasiswa THP Unila 2Setelah saya jelaskan demikian, teman saya tersebut, Doktor Dewi Sartika, bersikeras untuk menitipkan mahasiswa untuk praktek umum di sini. Takdirpun berbicara bahwa mereka, adik kelas saya tersebut sebanyak 5 orang melakukan praktek umum di Sentulfresh.

Mereka adalah Oriza Sativa Ramadhani, Isnaini, Muhammad Nurudin, Wildan Ramadhan, Rian Setiawan.
Tepat tanggal 1 Juni 2014 yang lalu mereka mendarat di farm kami yang asri di sudut Kampung Cijulang desa Cadasngampar Kecamatan Sukaraja Bogor. Kebetulan ada rumah kosong di samping rumah utama kami, mereka mukim selama 1 bulan untuk magang / praktek umum.

Senang rasanya dikunjungi oleh adik kelas satu almamater. Di awal kedatangan mereka, kami bernostalgia tentang keadaan kampus dan bercerita tentang perkuliahan dan dosen-dosen yang notabene masih sama dengan pada saat saya dulu belajar di Jurusan THP.

Gedung Jurusan THP Universitas Lampung saat ini sedemikian megahnya, jauh sekali jika dibandingkan pada saat saya masuk kuliah pada tahun 1989. Kami adalah mahasiswa THP tahun ke 5, karena THP sendiri resmi memiliki mahasiswa pada tahun 1984. Jumlah mahasiswanya pun jauh lebih banyak dan saat ini sudah terakreditasi A, yang artinya keberadaan THP Unila sudah sejajar dengan jurusan Teknologi Pangan di Universitas ternama lainnya. Saya turut bangga sebagai lulusan THP tsb.

Banyak kenangan baik selama mereka berada di farm. Kedua anak saya akrab dengan mereka, juga anak kandang sapi, ayam, dan santri rumah tahfidz Akbar ikut larut dalam keakraban selama 1 bulan di sini. Sebagai mahasiswa, mereka terlihat cerdas, beda sekali dengan saya dulu kuliah. Tapi satu hal, mereka tetap culun, tipikal khas mahasiswa, hehehe…

Beberapa foto kenangan saya simpan di memori komputer, termasuk foto kunjungan dosen beliau, Mas Tanto Pratondo Utomo, yang meninjau dan mengevaluasi mereka. Great memories.

Praktek Umum Mahasiswa THP Unila 3Mudah-mudahan kesempatan selama 1 bulan di Sentulfresh Indonesia menorehkan kenangan baik di benak mereka dan menjadi pelajaran kecil yang dapat mereka ambil untuk dimanfaatkan mereka mengarungi dunia kerja, dunia wirausaha, dan dunia di luar kampus yang sebenarnya itulah dunia riil yang harus mereka hadapi selepas kuliah nanti.

Viva THP Unila.

Save

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s