Aneka Tempat Wisata Pendidikan di jakarta

Wisata Pendidikan di jakarta

Pendidikan merupakan sarana bagi anak bangsa untuk meningkatkan kualitas hidup secara berkesinambungan.  Wisata Pendidikan di Jakarta merupakan alternatif yang utama karena sebagai ibukota negara, Jakarta seharusnya sudah menyediakan tempat yang layak untuk wisata edukasi.

Lokasi wisata pada saat musim liburan ramai dikunjungi terutama orang tua beserta anak anaknya mengunjungi lokasi wisata di luar jakarta seperti Puncak, ke Bali, Ancol, Puncak, atau lokasi-lokasi liburan favorit lainnya.  Tak heran, pada hari sabtu dan minggu kawasan puncak selalu ramai dan padat oleh pengunjung dengan mobil plat B yang lalu lalang.

Berbeda halnya dengan wisata pendidikan/edukasi yang ramai pada hari kerja/ week days yaitu hari senin hingga jumat.  Siswa TK dan SD memiliki agenda tetap untuk mengunjungi wahana wisata pendidikan tematik, seperti tema tanaman, binatang, profesi, bioteknologi, dan lain lain.

Beberapa wisata pendidikan di jakarta yang sering dikunjungi oleh siswa sekolah adalah:

1.  Monas (Monumen Nasional)

wisata pendidikan di jakarta: monas Sebagai monumen kebanggaan nasional, monas didirikan oleh presiden Indonesia pertama, bapak proklamator Ir Soekarno, untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961.

Monas merupakan wisata pendidikan bertemakan sejarah. Jika tidak mengunjungi monas, maka rasanya kurang afdol karena monas merupakan salah satu simbol budaya Indonesia.

Tugu monas ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monas terletak tepat ditengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

2.  Monumen Pahlawan Revolusi

wisata pendidikan di jakarta: monumen pahlawan revolusiMonumen Pahlawan Revolusi dibangun atas gagasan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Dibangun diatas tanah seluas 14,6 hektar. Monumen ini dibangun dengan tujuan mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.

Ke-enam pahlawan revolusi tersebut adalah:
1. Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani
2. Mayjen TNI R. Suprapto
3. Mayjen TNI M.T. Haryono
4. Mayjen TNI Siswondo Parman
5. Brigjen TNI DI Panjaitan
6. Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo

3.  Museum Wayang

wisata pendidikan di jakarta: museum wayangMuseum yang menyajikan peninggalan-peninggalan wayang dari masa ke masa ini dulunya adalah gereja tua yang di dirikan oleh VOC. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini diambil alih menjadi museum wayang. Di museum ini tersimpan banyak boneka wayang yang terbuat dari bahan kulit dan kayu.

Museum Wayang mengkoleksi lebih dari 4.000 buah wayang, terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan.

Museum Wayang masih berada dalam satu kawasan dengan museum Bank Indonesia yakni di jalan Pintu Besar no. 27 Jakarta Barat. Selain macam-macam wayang bersejarah yang di tampilkan, di museum ini juga ada cinderamata wayang.

4.  Museum Fatahillah

museum fatahillahMuseum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota (bahasa Belanda: Stadhuis) yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn.

Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Demikianlah beberapa objek wisata pendidikan di jakarta yang bisa menjadi destinasi wisata pendidikan bagi siswa TK dan SD di Jakarta.

Beberapa wahana wisata edukasi lainnya seperti Kampung Wisata Sentulfresh, Kampung Wisata Cinangneng, Pasir Mukti, Jungleland dan lain lain akan di kupas pada tulisan berikutnya.

 

Rekomendasi artikel untuk wisata edukasi anak TK dan SD:

Kegiatan Yang Dilakukan selama Wisata Edukatif Di Sentulfresh

Advertisements

One thought on “Aneka Tempat Wisata Pendidikan di jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s